Membangun Kepedulian Diri Pada Produk Indonesia

Di masa pandemi tidak sedikit dari kita yang harus memutar haluan memutar otak karena kehilangan pekerjaan. Pandemi juga menjadi alasan beberapa orang berinovasi menghasilkan produk untuk mengais rejeki sembari memberikan solusi. Karenanya, tidak sedikit pula dari kita yang bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk tetangga. Selain produk inovatif dalam negeri, kita juga tentunya tau kalau banyak sekali produk import yang menang di Inovasi dan soal harga pun membuat kita mengerutkan dahi.

 




Masalah harga memang menjadi hal yang berpengaruh ketika kita hendak membeli barang. Apa lagi di masa pandemi seperti sekarang nini. Tentu kita harus pintar-pintar menghemat pengeluaran. Namun ketika semua itu terjadi.. pertanyaan lain yang muncul adalah "Bagaimana nasib UMKM kita dengan adanya persaingan harga saat ini? UMKM tidak mungkin selamanya mengharapkan uluran dana dari Pemerintah. Dan kita juga tidak bisa berharap penuh kepada Pemerintah karena Pemerintah juga banyak hal yang harus dilakukan dalam menangani Pandemi ini.

 

Sebagai konsumen ada hal krusial yang bisa kita lakukan. Tentu kita tidak asing dengan ungkapan "Pembeli adalah raja". Dari ungkapan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan kalau apa yang kita beli sebenarnya bisa iku menentukan masa depan bangsa dan negara. Meskipun tidak secara langsung, namun dengan kita mengelola pengeluaran untuk berbelanja produk UMKM maupun produk lokal, hal ini bisa ikut memberikan stimulasi bagi usaha dalam negeri bergeliat.

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu UMKM dan Produsen Lokal?

Di masa pandemi ini alhamdulillah banyak sekali inovasi-iovasi dari masyarakat yang bisa ikut menanggulangi beberapa permasalahan di masa pandemi dari pulai inovasi jalur distribusi makanan, inovasi alat kesehatan hingga inovasi moda transportasi. Dari sekian banyak inovasi kita bisa menerapkan beberapa hal, antara lain:

 

Membeli dari tetagga sekitar

Dengan membeli produk yang dijajakan oleh tetangga, tentu secara langsung kita juga ikut membantu perekonomina rumah tangga mereka. Jadi, jika sekiranya masih bisa diusahakan, tidak ada salahnya membeli dagangan dari yang tetangga jajakan.

 

Membeli produk dari Pedagang Indonesia

Dengan banyaknya marketplace dan adanya pasar bebas, tidak sedikit dari kita yang berbelanja produk dari luar negeri dengan beragam alasan. Ada yang tertarik karena harganya murah, ada pula yang tergiur karena iming-iming potongan harga. Untuk urusan hoby dan passion kita tentu menginginkan yang terbaik, namun tidak ada salahnya membeli dari penjual dalam negeri dan sukur-sukur ada produk dalam negeri yang berkualitas. Penjual dalam negeri yang menjual produk Import tentu memerlukan banyak perijinan dari proses import hingga perijinan pendirian outlet ataupun gudang. Dengan membeli dari penjual dalam negeri, setidaknya pekerja di toko tersebut juga ikut terbantu karena jualannya laku.

 

Membeli Produk Dalam Negeri

Gerakan cinta produk indonesia sudah digaungkan sejak lama, namun tidak sedikit pula generasi muda saat ini yang belum familiar dengan slogan itu. Ini waktunya kita untuk mergerak mengabarkan kepada teman-teman maupun saudara untuk membeli produk buatan indonesia. Dengan banyaknya produk import yang masuk, tentu hal ini menjadi pesaing juga buat UMKM dan produsen dalam negeri. Dengan banyaknya hal manis yang dimiliki produk luar negeri, tentu kita perlu membangkitkan rasa Cinta Produk Indonesia agar produsen dalam negeri bisa bangkit. Dengan membeli produk dalam negeri, secara tidak langsung kita menjadikan produk dalam negeri berdulat di negeri sendiri.

 

Teman Kreasi Indonesia

Teman kreasi indonesia merupakan program yang dilucurkan untuk  mendukung produsen, wirausahawan dan kreator lokal menjadi lebih kuat. Program tersebut merupakan program pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat.

 

Program ini diluncurkan oleh smarfren kemarin pada kamis, 25 Maret 2021 di Jakarta. Acara ini dilakukan secara daring dengan peserta dari Smartfren Community dari berbagai penjuru di tanah air dan rekan media. Teman kreasi ini merupakan terobosan terbaru dari Smartfren.

 

Apa sih Smarfern Community? Smartfren Community terbentuk karena antusiasme dari pelanggan dan berdiri sejak tahun 2011 dengan. Hingga Smartfren Community sudah hadir di 100 kota di Indonesia dan beranggotakan hingga 90 RB orang. Taman Kreasi Indonesia adalah wadah untuk mengembangkan Co kreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya peluang "ekonomi UMKM kreatif."

 




ROBERTO : “wow labs adalah platform Co Kreasi, jadi kita ini melihat adanya kebutuhan anak-anak muda Indonesia semangatnya keren-keren dan kalau kita lihat fenomena yang terjadi 5 tahun ini, mereka hanya butuh satu platform untuk menunjukkan apa karya mereka, apa kreativitas mereka. Dan itu memang sudah dilakukan banyak temen-temen. Makanya kalau sekarang ditanya profesinya  YouTubers, blogger Dan segala macem. Nah disini kita sadar bahwa Smartfren ini brand yang sangat dekat dengan anak muda.disini kita terpanggil nih. Apa sih yang bisa kita lakuin untuk memberikan mereka platform, untuk memberikan mereka panggung. Maka kita luncurkanlah yang namanya wow labs.”

 

Beliau menyontohkan dengan baju yang dipakai ketika hadir di acara Launching Teman Kreasi adalah hasil Co Kreasi dari Adi Debil di Bandung. Serta Atta Halilintar untuk kaosnya.

Dengan adanya Co Kreasi Co Kreasi tersebut diharapkan Smartfren bisa memberikan inspirasi kepada anak muda




Komentar